Senin, 04 Februari 2013

Manfaat Mengimani Malaikat Izrail, Munkar, dan Nakir

Manfaat Mengimani Malaikat Izrail, Munkar, dan Nakir
Fajril Gois





Izrail, Munkar, dan Nakir adalah tiga malaikat yang tugasnya berkaitan erat dengan kematian manusia. Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa. Sedangkan Munkar-Nakir menanyai manusia di alam kubur. 

Meyakini adanya ketiga malaikat dalam kehidupan manusia menimbulkan sejumlah sikap positif pada diri seorang anak manusia, di antaranya:

1.     Menghargai betapa berharganya waktu.

Dia menyadari, jika sudah tiba waktunya bagi Izrail untuk melaksanakan tugasnya, maka tak ada kesempatan sedikit pun untuk menundanya. Oleh karena itu, semumpung nyawa masih di badan, dia isi seluruh waktunya utuk hal-hal yang bermanfaat bagi dunia dan akhiratnya. Tidak dia buang-buang begitu saja untuk hal-hal yang sia-sia.


2.     Menghargai betapa berharganya dirinya.

Dia menghindari keadaan atau perbuatan yang dapat membinasakan dirinya.
Dia tidak memperlakukan dirinya dengan sembarangan. Tidak juga membiarkan dirinya berlaku sembarangan.

3.     Menerima takdir kematian.

Dia menerima kematian orang-orang yang disayanginya dengan ridha, sebagai ketetapan yang pasti dari Allah. Kematian bukannya hilangnya seseorang dari alam ini tanpa bekas, atau nyangkut-nya dia ke negeri tak berpenghuni. Kematian adala pulangnya ruh seorang hamba ke pangkuan Penciptanya yang Maha Pengasih dan Penyayang. Tidak kider ke lain tempat, tidak nyasar ke lain tuan.

4.     Gemar menciptakan kebaikan demi kebaikan, agar kelak yang menemaninya di alam kubur adalah teman dengan rupa yang baik dan harum, bukan teman yang berwajah buruk dan berbau busuk.

5.     Dia menyiapkan diri untuk pertanyaan di alam kubur dengan berbuat jujur menjalankan perintah-perintah Allah di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar